Jalan Sukses Untuk Pemula dalam Bisnis Makanan Kemasan Skala Kecil

Usaha makanan kemasan adalah usaha berskala rumahan yang mempunyai peluang sangat bagus untuk saat ini maupun yang akan datang. Permintaan pasar untuk makanan kemasan selalu meningkat. Setelah melihat konsumen makanan kemasan tak cuma anak kecil saja, tetapi juga remaja, dewasa, bahkan orang tua. Maka tidak asing lagi apabila pelaku usaha makanan yang biasa dimakan untuk selingan saat sedang ada kegiatan ini biasanya kebanyakan konsumen.

Bahkan dengan aneka macam makanan ringan di Negeri kita mulai dari singkong goreng, keripik pisang, nugget yang dijual dengan beragam variasi harga. Membuat potensi bisnis makanan kemasan ini semakin menjanjikan bagi Anda yang serius terjun usaha ini.

Untuk Anda yang ingin mengambil peluang usaha di bidang kuliner makanan kemasan, sebaiknya buatlah strategi yang matang, perencanaan serta buat beberapa penelitian dan tentukan target pasar, hal ini berguna untuk mencari tahu makanan apa yang memiliki permintaan pasar yang besar tetapi pemasok makanannya terbatas.

Jalan Sukses Untuk Pemula dalam Bisnis Makanan Kemasan Skala Kecil
Usaha makanan kemasan memerlukan kesabaran dan strategi manajemen yang bagus. Mayoritas pengusaha berhasil di bisnis makanan kemasan merupakan pelaku usaha yang telah lama berjualan dan mempunyai pembeli tetap, dan makanan kemasan yang dijual sangat menarik serta rasanya enak karena kunci utama bagi yang masih baru dalam bisnis makanan kemasan ialah kreatif dan inovatif. Ada beberapa hal yang mempengaruhi keberhasilan seorang yang masih baru dalam usaha makanan kemasan yaitu:

a) Makanan Kemasan Harus Memiliki Kualitas Baik
Makanan kemasan yang ingin dijual wajib mempunyai mutu yang baik, dari segi bahan yang digunakan, segi pengolahan maupun segi pengemasan harus inovatif. Bahan yang digunakan haruslah bahan yang bersih dan tidak terkandung zat yang berbahaya. Proses pembuatannya harus mengikuti anjuran, misalnya gorenglah makanan menggunakan minyak yang bermutu dan diganti secara berkala. Lalu lakukanlah pengemasan makanan yang telah digoreng dengan menggunakan kemasan yang bagus dan menarik.

b) Harus Penuh Inovasi Baik Dalam Produk dan Strategi Promosinya
Pemenang usaha makanan kemasan yakni mereka yang selalu melahirkan ide-ide baru untuk membuat makanan kemasan yang lain di antara yang lain, sehingga produk tersebut lebih mudah didapatkan dan dibedakan oleh pelanggan. Jadi tidak masalah produk yang dijual sudah beredar di pasaran, asalkan makanan kemasan yang dijual tersebut lain daripada yang lain dari segi inovasi dibanding produk yang telah ada dipasaran.

Baca juga  Cara Mudah Membuat Tepung Darah
c) Buatlah “Relationship” dengan Konsumen Demi Menjaga Loyalitas
Layani pembeli dengan ramah dan bijaksana, tak masalah Anda mengenalnya atau tidak dengan pembeli tersebut. Buatlah citra yang mendalam pada pelanggan, memberi senyum dan menyapanya tidak hanya sekedar perkataan, maka pembeli dengan senang hati akan berkunjung kembali. Selain itu menggunakan facebook atau media sosial lainnya untuk mempromosikan makanan kemasan yang dijual,dan untuk menciptakan relationship yang kuat dengan pelanggan, sebab hal ini akan membuat dampak positif, seperti promosi gratis dari orang ke orang. Promosi dari orang ke orang teruji sangat ampuh dalam mendapatkan pembeli lain serta meningkatkan jumlah penjualan.

d) Strategi Pemasaran yang Cocok dengan Segmen Market yang Diincar
Strategi promosi yang bagus akan berdampak terhadap perkembangan usaha kedepannya, oleh karena itu untuk pemula usaha makanan kemasan, Anda harus bisa merancang strategi penjualan yang bagus serta mampu membaca pasar untuk meningkatkan penjualan. Seperti: memberi potongan harga, menambah berat makanan, atau dengan membagikan brosur produk dengan gratis kepada warga di wilayah yang menjadi pangsa penjualan.

e) Visioner, Think Big, Think Positif
Harus berpikir ke depan dan totalitas serta berpikiran positif harus ditanamkan dalam jiwa dan pikiran pebisnis. Dalam mengembangkan usaha kita dituntut untuk melayani konsumen dengan ramah. Sehingga pikiran yang bersih akan membantu berpikir kedepan dengan tenang. Hindari memikirkan hal sempit dan tidak baik sebab segala yang dipikirkan bisa menjadi hal nyata, sehingga sangat penting untuk selalu memikirkan hal positif.

Sumber : https://ramesia.com/contoh-makanan-kemasan-skala-kecil/

Hal yang Sebaiknya Kamu Tulis di dalam Proposal Bisnis Minuman Kemasan


Minuman kemasan adalah salah satu macam minuman favorit bagi kebanyakan orang, khususnya anak kecil. Iklan produk minuman dalam kemasan ini hampir setiap hari kita temukan melalui media massa. Selain mudah untuk didapatkan di pasaran, minuman kemasan ini juga mempunyai berbagai pilihan rasa dan kandungan gizi.

Minuman kemasan ini juga praktis untuk dibawa berpergian atau bekal sekolah anak. Hal itu dikarenakan kemasannya yang dapat langsung dibuang begitu isinya habis. Macam-macam minuman kemasan yang banyak ditemukan di pasaran mayoritas dikemas dalam kaleng, botol, kardus minuman, dan plastik.

Jenisnya ada yang berupa jus buah-buahan, susu, teh manis, yoghurt, soda, sirup, minuman berenergi dan sebagainya. Macam-macam tadi tersedia hampir untuk seluruh kalangan, mulai dari bagi anak-anak sampai bagi orang tua yang telah lanjut usia.

Bisnis Minuman Kemasan
Bisnis minuman kemasan adalah jenis bisnis yang begitu menggiurkan. Karena termasuk jenis bisnis kuliner, bisnis minuman kemasan takkan pernah kehabisan konsumen. Hal tersebut dikarenakan oleh faktor pembeli yang selalu membutuhkan minuman.

Sekarang ini bisnis minuman dalam kemasan mulai dikuasai oleh perusahaan berskala besar. Tentunya kita sering menjumpai berbagai macam brand minuman kemasan dengan macam serta rasa yang bervariasi di mall. Contohnya seperti susu rasa vanila, cokelat, stroberi, dan sebagainya.

Lalu dapatkah kita menjalankan bisnis minuman kemasan ini dalam skala rumahan yang tak mempunyai modal banyak? Tentu saja bisa, terlebih lagi saat ini peluang bisnis di bidang ini sedang cukup besar karena dilihat dari sisi kepraktisannya untuk dikonsumsi oleh para pembeli.

Bisa kita lihat bahwa mulai banyak juga orang yang sudah memulai usaha ini, tak jarang banyak pula yang akhirnya menggapai kesuksesan, seperti mengemas minuman yoghurt dalam gelas, jus buah, dan sebagainya. Produk mereka cukup digemari oleh masyarakat meski skalanya tidak tersebar secara luas layaknya produk dari perusahaan besar.

Tips Memulai Bisnis Minuman Kemasan
Bagaimana? Sudah tertarikkah Anda dengan bisnis minuman kemasan? Bila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis minuman kemasan ini, berikut ini terdapat 5 hal penting yang perlu diperhatikan ketika memulai bisnis minuman kemasan.

Baca juga  Melirik Peluang Bisnis Bakso Cumi di Indonesia
1. Buatlah Produk Berkualitas
Produk aman dan berkualitas diminum merupakan hal penting yang pertama. Anda jangan sampai menurunkan kualitas produk hanya karena harga yang terjangkau. Tentu saja hal tersebut dikarenakan kualitas produk bertanggung jawab atas kesehatan konsumen. Ciri produk berkualitas antara lain sebagai berikut :

a) Awet Namun Sehat
Minuman kemasan yang telah asam artinya telah basi dan tidak sehat lagi. Jika Anda bingung dengan pengawet yang tepat untuk minuman Anda, Anda dapat mencoba untuk meminta saran dari mahasiswa teknologi pangan atau mengunjungi BPOM setempat.

b) Kemasan Tidak Menggelembung
Kemasan yang sudah menggelembung juga artinya menandakan bahwa minuman tersebut sudah tak layak untuk diminum lagi. Minuman tersebut sudah mengandung bakteri yang tak baik untuk kesehatan. Bakteri itu pula yang menyebabkan kadar gas memenuhi kemasan sehingga menyebabkan kemasan menggelembung.

2. Buat Kemasan yang Menarik
Bungkus yang baik akan sangat menarik perhatian calon konsumen. Desain mesti menarik perhatian dan mudah dikenali oleh masyarakat. Bila Anda kesulitan atau tidak bisa mendesain, Anda bisa menyewa jasa desainer produk untuk mendesainnya.

3. Kemasan yang Pas dan Sesuai
Ukuran kemasan mestinya sesuai dengan kuantitas isi minuman kemasan yang mau kita tawarkan. Kemasan sebaiknya tidak menggunakan ukuran terlalu besar serta jangan terlalu kecil juga. Siapkan kemasan seimbang supaya tak ada kesan kemahalan di benak calon pembeli.

4. Titipkan ke Kantin Sekolah dan Warung
Kantin sekolah serta warung bisa dijadikan teknik yang baik dalam pemasaran. Hal tersebut disebabkan kantin sekolah serta warung sudah mempunyai target pasar mereka. Yang harus kita lakukan hanyalah bernegosiasi masalah harga dengan mereka. Setelah itu, keuntungan akan selalu mengalir seiring dengan larisnya penjualan.

5. Promosi Bisnis Minuman Kemasan
Anda dapat melakukan promosi dengan cara offline maupun online. Walaupun pada dasarnya kedua teknik promosi tersebut cukup penting, tapi jika Anda memilih salah satunya pun tak masalah. Namun, akan lebih sempurna jika memanfaatkan keduanya untuk melakukan penawaran produk minuman kemasan Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Peluang Memulai Bisnis Steak Tempe

Bisnis Mudah Dengan Keuntungan Melimpah Dari Bisnis Restoran Seafood

Inilah Manfaat Sayur Cuciwis Untuk Kesehatan Tubuh